banner 728x250
News  

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Ciamis Capai Angka 59,65 Persen

Keadilan Rakyat Ciamis – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar evaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Rabu (24/11/2021).

Evaluasi tersebut diikuti oleh seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Camat dan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kabupaten Ciamis.

“Capaian vaksinasi dosis 1 Kabupaten Ciamis per-23 November 2021 mencapai 59,65 persen dan dosis 2 baru 29,53 persen. Kita targetkan akhir bulan Desember vaksinasi mencapai 70 persen, ” kata Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin Rakor evaluasi vaksinasi.

Upaya mempercepat vaksinasi, ia menyarankan untuk melaksanakan strategi door to door kepada masyarakat agar capaian vaksinasi meningkat.

“Kita harus door to door kepada masyarakat untuk mempercepat target vaksinasi, ” ucapanya.

Menurut Herdiat, masalah vaksinasi masih banyak desa yang jauh dari standar, perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat secara masif.

“Perhatikan langkah mendorong masyarakat untuk mengajak vaksinasi. Lakukan dengan pendekatan yang baik,” imbuhnya.

*Pemkab Ciamis Bersiap Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru*

Dalam menghadapi hari Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengikuti Keputusan Pemerintah Pusat. Diantaranya menerapkan PPKM Level 3.

“Tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 seluruh Kabupaten Kota di Indonesia akan diberlakukan kembali PPKM level 3,” kata Herdiat.

Berkaca dari situasi Nataru tahun 2020, di Kabupaten Ciamis cenderung sepi. Hanya arus lalu lintas yang meningkat. Sehingga Bupati Ciamis memilih untuk memperketat tempat wisata Ciamis.

“Upaya menghindari terjadinya gelombang ke-3 Covid-19, kita akan memperketat penerapan prokes di tempat wisata di Kabupaten Ciamis, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo telah menyusun strategi untuk percepat vaksinasi di Kabupaten Ciamis.

Strategi tersebut diantaranya, memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi dosi 1 di awal Desember 2021 mendatang.

“Kita akan fokus pada dosis 1, hal ini dilakukan agar target capaian 70 persen tercapai maksimal akhir Desember, ” ucapanya.

Dikarenakan sasaran vaksin mulai sulit, ia pun akan mengupayakan vaksinasi menjangkau door to door.

Lebih lanjut, Yoyo pun mengajak seluruh OPD agar mensosialisasikan terkait keamanan vaksin untuk digunakan.

“Masyarakat mulai pilih-pilih vaksin, sosialisasi perlu ditingkatkan terhadap masyarakat terkait keamanan vaksin, ” tambahnya. (Die/Prokopim ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *