banner 728x250
News  

Pertahankan Level 2 PPKM, Pemkab Ciamis Akan Kejar Target 50 Persen Vaksinasi

Keadilan Rakyat Ciamis – Pertahankan status level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat memimpin rapat koordinasi Satgas Covid-19 di Ruang Oproom Sekretariat Daerah kabupaten Ciamis, Rabu (15/9/2021).

“Kita akan kejar target 50% pemberian vaksinasi kepada masyarakat di dua pekan kedepan. Ini dilakukan untuk membentuk herd immunity dan mempertahankan status level 2 PPKM,” jelas Wabup Yana.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat konferensi pers, Senin 13 September 2021, pemerintah pusat telah menambah indikator dalam penentuan level PPKM untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Kali ini, cakupan dosis vaksinasi untuk turun dari PPKM level 3 ke 2 sebanyak 50% vaksinasi dosis 1 dan 40% dari vaksinasi masyarakat lanjut usia (lansia). Sementara untuk turun dari level 2 ke level 1 cakupan vaksinasi dosis pertama minimal 70% dan vaksinasi lansia 60%.

Lebih lanjut Yana menambahkan, selain peningkatan dalam pemberian vaksinasi, pihaknya juga akan memperbaiki pelaporan penanganan Covid-19 agar lebih akurat dan tepat data.

“Permasalahan data menjadi hal utama untuk menentukan level PPKM suatu daerah. Kita akan memperbaiki dan mengoptimalkan diwilayah tersebut,” ucapnya.


Wabup Ciamis ini pun telah menginstruksikan Dinas terkait untuk menentukan jadwal pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan bekerjasama dengan pihak Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis.

“Vaksinasi kali ini kita lakukan secara terintegrasi dengan kerjasama Pihak Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis. Kita akan lakukan seoptimal mungkin pelaksanaan vaksinasi di dua pekan kedepan dengan kekuatan vaksinasi yang ada saat ini,” ujarnya.

Sekedar diketahui, dari hasil laporan Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat Kabupaten Ciamis berstatus Level 2 PPKM. Sementara untuk angka Bed Occupation Rate (BOR) berada di posisi tertinggi di Jabar yakni dengan angka BOR 27,52%, posisi tersebut disusul oleh Kota Banjar 20,00 %, . Kota Bandung 17,71%, Kota Tasikmalaya 17,52% dan Kab. Bogor 17,03%.(Die.Prokopim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *