banner 728x250
News  

Kepala Desa Cijulang Kukuhkan 29 Ketua RT dan 9 Ketua RW dihadiri Ketua BPD Beserta Ketua BUMDesa Citra Sejahtera

mediakeadilanrakyat.com – Kepala desa Cijulang Endang Hidayat, S T mengukuhkan Ketua RT beserta RW di lingkungan pemerintah desa Cijulang, dihadiri ketua BPD beserta Ketua BUMDesa Citra Sejahtera dan juga perangkat desa. Jum’ at, ( 24/11/2023 ) bertempat di aula desa.

Kepala desa Cijulang Endang Hidayat,S.T menyampaikan, bahwa peran RT dan RW dilingkungan Pemerintah desa sangat penting, maka perlu segera untuk dikukuhkan , ada 29 Ketua RT dan 9 Ketua RW yang kita kukuhkan hari ini  hasil pemilihan dan aklamasi.

Ia berharap dengan dikukuhkannya Ketua RT dan RW bisa menjalankan tugas dan fungsi berjalan maksimal dan lebih baik dimasa yang akan datang guna membantu tugas-tugas kepala desa, pasalnya RT/RW garda terdepan dalam pembangunan dan lebih mengetahui kondisi lingkungan, begitupun dalam pembuatan pengantar dan surat keterangan harus difungsikan diketahui RT/RW terlebih dahulu baru ke desa dan stempel di masing – masing RT/RW harus terawat dengan baik. Ucapnya.

Exif_JPEG_420Lanjut Endang, kepada mereka yang sudah dikukuhkan, untuk segera menjalankan tugas salah satunya  mengantisipasi musim penghujan yang harus jadi prioritas dalam penanganannya baik saluran air, kirmir maupun drainase pasalnya warga desa Cijulang mayoritas petani.

Terkait keamanan, kepala desa meminta agar Simkamling/ Ronda harus kembali digiatkan dan kami pihak desa sudah punya rencana pemasangan CCTV disentralkan di desa namun hal tersebut ada kendala yaitu biaya yang cukup mahal. Maka sebagai solusi alternatif kami akan pasang CCTV di setiap kelembagaan yang ada didesa guna mengantispasi sekaligus meminimalisir tingkat kejahatan dan memberikan keamanan bagi masyarakat. Paparnya.

Dalam kesempatan ini pun kami hadir kan ketua BUMDdesa Citra Sejahtera agar para Ketua RT/RW dapat mensosialisasikan keberadaannya dan perlu diketahui salah satu kegiatan BUMDes Citra Sejahteta telah bekerjasama dengan BULOG Ciamis  melaksanakan operasi pasar guna menstabilkan harga dan pasokan pangan , dan hal lainya dibidang pemberdayaan masyarakat telah dilaksanakan. Ucapnya.

Kami tidak mengharapkan bahkan mendengar ada warga yang kelaparan atau tidak makan, pasalnya banyak solusi yang bisa lakukan, perelek bisa diberdayakan guna mengantisipasi musim paceklik dan membantu sesama, Kesehatan melalui pelayanan posyandu, BPJS dan lainya tetap harus dikoordinasikan.

Dan terakhir kami mohon do’a dan dukungan dari para Ketua RT/RW dan selutuh warga bahwa pihaknya berencana akan mendirikan yayasan anak yatim piatu dalam rangka mewadahi mereka. Dan dimulai hari ini para Ketua RT RW harus melakukan pendataan keberadaan mereka mulai usia 0 s.d 15 tahun.

Pada intinya Regulasi RT/RW membantu kegiatan kepala desa. Pungkas Endang Hidayat,S.T.

Hal senadapun disampaikan Ketua BPD,  ada nya kepala desa tentu ada RT dan RW maka tupoksi keduanya harus membantu pemerintah desa dalam berbagai hal baik permohonan admintrasi, membantu dibidang sosial kemasyarakatan diantaranya kerjabakti, hadir disaat masyarakat membutuhkan, dan sosial keagamaan mendorong masyarakat pada pengajian. Katanya.

Kita pun patut bersyukur dan bangga pasalnya sudah ada 5 Posyandu yang dibangun yakni di Dusun desa dan Cipurut APDDes bersumber dari ApBDes dan tiga lainya secara mandiri salah satunya Posyandu Mawar 2 di dusun Cikole Kulon yang baru saja diresmikan Ibu Hj.Kania Herdiat dan Ibu Yana D Putra pada hari kemaren. ” Yaa sudah 70 % ditahun 2023 ini pembangunan terealisasikan. ” Tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua BUMDesa Citra Sejahtera menyampaikan, keberadaan BUMDesa harus diketahui bersama dalam upaya meningkatkan perekonomian, usaha dan kesejahteraan masyarakat. Kami pun berkomitmen menjaga modal dan titipan dari masyarakat sesuai program kerja. Mulai dari usaha perdagangan umum , pertanian, perikanan, bank sampah, unit perdagangan dan jasa. Dan yang telah dijalankan yakni jual beras subsidi, dan lainya kedelai sebagai pasokan bahan baku tahu ke pabrik . Tidak menutup kemungkinan BUMDesa juga akan bekerjasama dengan para pelaku usaha lainya yang ingin bekerjasama dan berkotmen menuju Cijulang Sejahteta. Tutup H.Suhendar. ( Lis ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *