banner 728x250
News  

Hadiri Muskonda ke-2 IJTI, Bupati Ciamis Ajak Jurnalis Peringati Berita Hoax

Keadilan Rakyat Ciamis – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya menggelar Musyawarah Koordinator Daerah (Muskorda) ke-2 di Objek Wisata Hutan Pinus Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, (17/11/21).

Dalam rangkaian acara Muskorda Ke-2 tersebut terpilih ketua IJTI baru yakni Yosep yang merupakan reporter Metro tv. Pada acara tersebut langsung dilakukan serah terima jabatan dari ketua lama yakni Yopi Andreas (Net tv) kepada ketua terpilih.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat mengajak seluruh insan jurnalis untuk menekan berita hoax yang banyak beredar di masyarakat.

“Di masa pandemi berita hoax banyak bertebaran melalui media sosial dan menyebar di masyarakat. Saya mengajak insan jurnalis bersama pemerintah untuk turut serta perangi berita hoax,” ajaknya.

Menurutnya, dengan posisi IJTI yang pengurusnya tergabung di televisi nasional harus bisa memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat, agar tidak salah menafsirkan berita yang tidak benar.

“Literasi digital menjadi hal penting dalam memerangi hoax. Insan jurnalis harus bisa membantu masyarakat untuk cerdas dalam memilah mana berita hoax dan mana berita valid, ” ujarnya.


Bupati Herdiat pun menyampaikan selamat kepada kepengurusan IJTI yang baru, ia mengharapkan pengurusan baru yang telah dilantik bisa berkolaborasi dengan organisasi pers lainnya.

“Insan pers harus berkolaborasi karena insan media tidak hanya IJTI saja, ada PWI, IPJI dan lainnya. Jika kolaborasi itu semua dapat dilaksanakan maka Ciamis akan semakin kuat, solid dan maju,” unarnya.

Bupati Ciamis ini pun mengakui bahwa peran media sangat penting, terutama sebagai media informasi masyarakat dan kontrol pemerintah.

“Media ini dapat mengangkat dan juga menjatuhkan, namun apabila berita tersebut akurat dan objektif tentu akan dapat mengangkat Ciamis,”

“Saya harap kolaborasi Kabupaten Ciamis bersama seluruh insan media dapat terus menjaga kolaborasi yang baik, ” tutup Herdiat. (Die/Prokopim).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *