banner 728x250

Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, Pemdes Cijulang Cihaurbeuti Giat Melakukan Pengelolaan Bank Sampah

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Dalam upaya penataan lingkungan Asri, Nyama,Indah dan bersih. Pemdes Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti giat melakukan penataan lingkungan, salah satunya melalui pengelolaan sampah lingkungan, rumah tangga dan industri yang dilaksanakan oleh Bank Sampah Unit ( BSU ) BERSEKA dengan melibatkan Karang Taruna Desa.

Seperti hal yang dilakukan nya hari ini, Pemdes Cijulang dipimpin langsung kepala desa Endang Hidayat,S.T. melakukan pemilahan, penyortiran hingga penarikan sampah di Bank Sampah Unit (BSU ) BERSEKA suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah pilah beralamat di Dusun Cikole Kulon RT/RW 006. 

Disampaikan kades Cijulang Endang Hidayat,S.T. saat melakukan pemilahan sampah,Minggu, (25/12/2022), menurutnya, hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ketempat pengempul sampah atau lainya, namun terlebih-lebih kita pilah dulu mana yang bisa dimanfaatkan dan mana yang tidak, pasalnya ada juga sampah yang bisa untuk dijadikan kerajinan, intinya kami berharap adanya Bank Sampah di desa Cijulang agar warga masyarakat Cijulang dapat sejahtera melalui pengelolaan hingga pengolahan dan daur ulang sampah menjadi penghasilan dan nilai ekonomis bisa menambah penghasilan warga. Ucapnya.

Lanjut Endang Hidayat,S.T. , dan untuk sebagian sampah yang tak bermanfaat, pihaknya pun telah melakukan kerjasama dengan BSI untuk ditarik dengan mobil khusus yang notabene nya kami tetap bekerjasama dengan Dinas Kebersihan Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak dan elemen masyarakat juga peranserta pemuda pemudi dirasakan sangat membantu, itu dibuktikannya melalui kerjasama disaat penarikan,pengumpulan hingga pemilahan sampah. Kami sangat mengapresiasi atas kinerja dan pengabdian yang mereka lakukan demi terwujudnya Cijulang Sejahtera. ” Papar Endang Hidayat,S.T. 

Dan Alhamdulillah hari ini pun berkat kerja keras mereka, kita bisa merasakan keindahan, kenyamanan dan pesona lingkungan yang bersih, lingkungan sehat merupakan impian dan harapan kita bersama, ” Siapa lagi yang akan perduli terhadap lingkungan kita sendiri kalau bukan kita dan mari kita mulai dari sekarang, sekecil apapun sampah yang ada harus dibuang pada tempatnya.” Tandasnya. ( Die ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *