banner 728x250

Wakil Bupati Ciamis Buka Secara Resmi Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra Buka secara resmi Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis Tahun 2023,pada Rabu (01/02/2023) bertempat di Aula BKPSDM Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Wabup menuturkan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama merupakan jabatan strategis dalam mendukung birokrasi yang responsif dan partisipatif melalui tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan yang diemban.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas tersebut, pejabat pimpinan tinggi harus menjamin akuntabilitas jabatan.

Mengingat tugas jabatan yang sangat strategis yang diemban, maka pengangkatan dan penempatan seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama mendapat perhatian khusus.

“Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, secara khusus diatur mengenai JPT dan pengisiannya pada instansi pusat dan daerah dengan mekanisme seleksi yang objektif berbasis sistem merit”, katanya.

Wabup menuturkan hal tersebut bertujuan untuk menjaring pimpinan atau pejabat yang memiliki integritas, kompetensi dan mampu mengelola segala perbedaan budaya, latar belakang suku dan agama serta kepentingan seluruh elemen bangsa.

Ia juga memaparkan pelaksanaan Uji Kompetensi yang dilaksanakan pada hari ini yang dilakukan oleh panitia seleksi terdiri dari unsur eksternal dan internal antara lain Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, Akademisi, Pakar serta di awasi oleh pihak dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Kepada para peserta Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, silahkan berkompetensi dengan sungguh-sungguh, tunjukan semangat dan upaya terbaik dalam melaksanakan kegiatan uji kompetensi ini”, jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bdan Kepagawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Ai Rusli, S.STP, M.SI menyampaikan tujan dari digelarnya Ujikom ini, yakni guna mengevaluasi kinerja Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan untuk mendapatkan database profil potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebagai bahan pemetaan jabatan nantinya.

Plt Kepala BKPSDM juga menerangkan bahwa jumlah dan waktu pelaksnaan ujikom ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Februari 2023 sampai dengan selesai.

Adapun peserta Ujian ini diperuntukan bagi 17 pejabat eselon II di likungan Pemerintah Kabupaten Ciamis

Pada kesempatan tersebut turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, M.Pd dan juga hadir para tamu undangan lainnya.( Mahmudin/Prokopim).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *