banner 728x250

TKSK Cihaurbeuti Sampaikan Fungsi dan Tujuan Puskesos di Tingkat Desa

KR Kab. Ciamis -Bertempat di aula kecamatan, Pemkam Cihaurbeuti kabupaten Ciamis menggelar rapat koordinasi dengan para Kasi Pelayanan Desa se wilayah kecamatan Cihaurbeuti dalam upaya mensosialisasikan Puskesos dan Desa Layak Anak, pasalnya kecamatan dan desa merupakan element terdekat yang langsung berhubungan dengan masyarakat, juga untuk mempercepat akses pelayanan khususnya bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), turut hadir dalam rakor tersebut, Sekretaris kecamatan Cihaurbeuti, Kasi PMD, Kepala UPT KB dan TKSK Cihaurbeuti beserta para kasi pelayanan desa. Kamis, (17/02/2022 ).

Disampaikan H.Iwa Kartiwa,S.E TKSK Cihaurbeuti, puskesos bisa disebut juga kepanjangan tangan kinerja dari Sistem Layanan Dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. Selain itu , keberadaan SLRT di dasarkan pada pemanfaatan pelayanan pendidikan, kesehatan, kependudukan dan pelayanan dasar lainnya yang dibutuhkan masyarakat. ” Integrasi SLRT dengan Puskesos bisa menjadi sistem yang membantu masyarakat dan pemerintah , untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan. Keduanya saling berhubungan untuk membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan, dan memantau penangangan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan keluhan tersebut ditangani dengan baik,” imbuhnya.
Lanjut Iwa, tujuan kegiatan Puskesos yakni untuk membangun komitmen kerjasama kemitraan diantara Perangkat yang menjadi pilot project, dilakukan ditingkat desa dengan memobilisasi sumber daya sosial ekonomi yang ada.

jika Puskesos bisa terbentuk di tiap Desa, maka penanggulangan PMKS bisa lebih cepat, efektif, komprehensif dan lebih maksimal. ” Jika masyarakat membutuhkan, silahkan hubungi langsung fasilitator SLRT yang ada di Desa masing-masing.” Paparnya.

Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, tentu saja kita harus bekerja lebih aktif dalam membantu kesejahteraan sosial masyarakat , salah satunya dengan perbantuan puskesos.

Puskesos merupakan sebuah layanan Sosialiasasi Pusat Kesejahteraan Sosial. Di mana puskesos ini sendiri dibangun dengan tujuan untuk memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial serta lepas dari kemiskinan.

Mengingat tujuan dan program kerja puskesos ini sendiri memang sangat baik maka tentu saja pemerintah secara berkelanjutan menggunakan layanan ini. Apalagi dengan adanya puskesos ini sendiri sebenarnya masyarakat atau warga akan diberikan keuntungan dengan adanya bantuan yang menaunginya.
Pusat kesejahteraan sosial atau puskesos adalah menjadi wadah pengaduan pesoalan kemiskinan masyarakat. Pengaduan tersebut nantinya akan mendapatkan penanganan dan masyarakat bisa mendapatkan rujukan program apa yang bisa mengentaskan dan membantu persoalan ekonominya. Puskesos berperan aktif dan penting apalagi di situasi pandemi seperti sekarang ini.

Masyarakat bisa mengajukan persoalannya tanpa khawatir tidak mendapatkan pelayanan bantuan. Data diri dari penerima bantuan ini juga dijamin aman di dalam data base resmi. Papar H.Iwa Kartiwa,S.E. TKSK Cihaurbeuti usai rakor bersama Kasi Pelayanan Desa. ( Didi Supriadi ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *