banner 728x250

Terima Audiensi dari ASKLIN, Bupati Herdiat Harapkan Klinik Mampu Menyerap Tenaga Kesehatan dari Masyarakat Asli Ciamis

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com -Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya Terima Silaturahmi dan Audiensi  dari Asosiasi Klinik (Asklin) Kabupaten Ciamis, pada Kamis (06/10/2022) Bertempat di Ruang Oproom Setda Kabupaten Ciamis.

Adapun tujuan Ketua Asosiasi Klinik (Asklin) Kabupaten Ciamis, Jaka Kurnia Abadi, bersama rombongan adalah guna menjalin silaturahmi dengan pemerintah daerah Ciamis dan menyampaikan beberapa perkembangan yang terjadi di Asklin Ciamis.

Disampaikan bahwa di Kabupaten Ciamis ada 76 klinik, sedangkan yang masuk di Asklin baru 42 klinik, kemudian dijelaskan bahwa guna merekrut secara keseluruhan klinik yang berada di Kabupaten Ciamis pihak Askin tidak mempunyai kapasitas.

Dijelaskan juga, dari jumlah keanggotaan yang masuk di Asklin belum mencapai 50% Klinik yang bekerja sama dengan BPJS sehingga kemudahan dan kelancaran masyarakat dengan Klinik tertentu akan terhambat.

Dari beberapa perkembangan yang terjadi, pihak Asklin mengharapkan, kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis dari berbagai problematika dan hambatan yang terjadi supaya adanya regulasi yeng mengatur hal tersebut.

Sebelum menanggapi hal tersebut, Bupati Herdiat menjelaskan bahwa dalam regulasi minimal 10% dari dana APBD adalah peruntukan pelayanan masyarakat di bidang Kesehatan.

“Jadi urusan yang sifatnya berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan sudah teramanatkan dalam undang-undang kepada Pemerintah, sehingga kami beranggapan bahwa ketika dengan adanya aturan yang mengatur terhadap kelancaran dan kemudahan dalam pelayanan kesehatan kenapa tidak,” Tegas Bupati.

Kemudian beliau mengungkapkan bahwa, dengan adanya klinik pemda merasa sangat terbantu dan berharap klinik mampu memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

“Dengan tugas yang begitu berat, kami pemerintah daerah merasa sangat terbantu dengan adanya klinik, dan tentunya kami berharap klinik mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” Ungkapnya

“Utamanya dalam hal melayani, baik tatacara bersikap ataupun dalam hal administrasi, walaupun saya tau tugas nakes itu berat dan melelahkan,” Tambahnya.

Saya dari pemerintahan lebih suka tidak melihat tipe A, B, C atau D, secara pribadi saya tidak mempermasalahkan itu karena yang paling terpenting adalah pelayanan dan jika bisa fasilitasnya harus melebihi tipe-tipe yang ada di atasnya. Tegasnya

“Terimakasih sekali lagi karena keuntungan bagi Pemda dengan banyaknya klinik-klinik di Ciamis paling tidak SDM kesehatan yang ada karir dan keilmuannya bisa tersalurkan,” Ungkapnya.

Kemudian berbicara tentang banyaknya klinik di Ciamis Bupati juga mengamanatkan agar manfaatkan tenaga kerja yang berdomisili di Ciamis.

Diahir pembicaraan tersebut, Bupati Herdiat sampaikan dukungannya terhadap Asklin, salah satunya dengan adanya regulasi yang mempermudah Asklin bergerak.

“Saya kira bodoh jika saya atau Pemda tidak mendukung Asklin ini, terkait dengan penguatan peran dan fungsi nanti seiring dengan maju dan berkembangnya klinik yang ada, namun dari sisi regulasi juga perlu diimbangi regulasi dari Pemda Ciamis,” Pungkasnya.

Penulis: ProkopimEditor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *