banner 728x250

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ciamis Samapaikan 3 Pesan Diturunkannya Al-Quram

KR Kab.Ciamis – Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya didampingi Wabup Ciamis Yana D. Putra beserta jajaran Forkopimda turut memeriahkan acara peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kabupaten Ciamis tahun 1443 H/ 2022 M yang bertempat di Mesjid Agung Ciamis. Senin, (18/04/2022).

Seusai melaksanakan shalat tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan peringatan Nuzulul Qur’an Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya menuturkan bahwa umat patut merasa bersyukur atas malam yang bersejarah dan mulia ini yaitu malam nuzulul qur’an.

“Selain berada di bulan ramadhan, momentum nuzulul qur’an diyakini membawa banyak pelajaran berharga dan hikmah bagi siapapun yang merenunginya “, Ucap Bupati.

“Itulah malam nuzulul qur’an, dimana Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan mukjizat terbesar, ” Tambahnya.

Lebih lanjut diterangkan Bupati , turunya Al-Qur’an memberi pesan kepada seluruh umat manusia mengenai tiga hal.

“Pertama sebagai ajaran tauhid yang mendeklarasikan bahwa Allah SWT sebagai satu-satunya tuhan yang harus disembah dan tidak boleh disekutukan dengan apapun, ” Terangnya.

Selanjutnya, pesan yang kedua bahwa Al-Qur’an merupakan petunjuk, pedoman hidup dan pembawa keselamatan yang harus dipegang teguh oleh manusia.

” Terakhir, pesan ke tiga Al-Qur’an merupakan sumber dari segala sumber hukum (syari’at), sangat kaya dengan ilmu dan pengetahuan serta terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman, ” Paparnya.

Diakhir sambutannya, Bupati H. Herdiat berkata atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis mengajak seluruh masyarakat tatar galuh ciamis untuk menjadikan momentum ini sebagai bentuk syi’ar islam dalam upaya memepererat silaturahmi.

“Di momentum Nuzulul Qur’an ini mari kita sama-sama perkuat ukhuwah islamiyah, meningkatkan iman dan taqwa, memupuk kepedulian sosial sehingga mendukung terciptanya kerukunan hidup umat beragama, ” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan 100 mushaf Al Qur’an yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ciamis kepada Ketua DMI Ciamis. ( Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *