banner 728x250

Pemkab Ciamis Terima Kunjungan Dinas ESDM, Bahas Program Jabar Caang

KR Kab.Ciamis – Pemerintah Kabupaten Ciamis menerima kunjungan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat di ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (19/04/22).

Kunjungan jajaran Dinas ESDM Provinsi Jabar diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang dan jajaran OPD terkait.

Kehadiran jajaran Dinas ESDM Jabar ini dalam rangka memaparkan program Jabar Caang yang tengah dilakukan Provinsi Jawa Barat.

“Kunjungan kita di Ciamis guna memaparkan program Jabar Caang yang tengah dilakukan Provinsi Jawa Barat. Program Jabar Caang ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat terutama bagi masyarakat miskin,” kata Kepala Dinas ESDM Jabar Ai Saadiyah Dwidaningsih pada audiensi tersebut.

Menurut Ai, program Jabar Caang merupakan program pemberian akses tenaga listrik bagi masyarakat miskin di Jawa Barat. Dalam pelaksanaanya program tersebut dilakukan melalui skema pentahelix.

“Target program Jabar Caang di Kabupaten Ciamis dapat terlaksana di 2 kecamatan 8 desa di tahun 2022 ini. Sementara untuk 3 kecamatan dan 12 desa di tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.

Kadis ESDM Jabar inipun menginformasikan bahwa saat ini telah sedang disusun Surat Edaran Gubernur terkait implementasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang dibangun pemerintah Kabupaten/Kota.
Selain itu, Pemprov Jabar juga tengah mengupayakan program pengalihan kompor berbasis impor/LPG menuju kompor berbasis energi domestik atau kompor listrik.

“Saat ini pemerintah Pemprov Jawa Barat mendorong penggunaan kompor induksi bagi masyarakat sebagai salah satu upaya meningkatkan konsumsi energi bersih di masyarakat,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang menyambut baik program Jabar Caang. Ia bersama OPD terkait siap membantu berjalannya program yang dikoordinatori Dinas ESDM Jabar.

“Semoga program Jabar Caang ini bisa menjangkau masyarakat yang membutuhkan penerangan listrik terutama masyarakat tidak mampu, ” ujarnya.

Tatang berpesan agar program Jabar Caang ini tepat sasaran. Sehingga bisa membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan penerangan listrik.

“Program Jabar Caang ini harus tepat sasaran. Sehingga bisa membantu masyarakat yang belum menikmati penerangan listrik untuk mendapatkannya, “tutupnya. ( Didi.S ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *