banner 728x250

Pemdes Sukamanah Melaksanakan Sosialisasi Bintek dan Pemutahiran Data Desa Berbasis SDGs

KR Kab. Ciamis – Pemerintah desa Sukamanah kecamatan Sindangkasih kabupaten Ciamis melaksanakan sosialisasi bimbingan teknis ( Bintek ) Pemutahiran Data Desa bebasis SDGs dengan menghadirkan para Kader, Kepala Wilayah, RT, RW dan lembaga desa dan juga dihadiri Muspika kecamatan Sindangkasih beserta Pendamping Desa. Rabu, ( 13/04/2022 ).

Usai digelar sosialisasi bintek SDGs Kepala desa Sukamanah Yaya Heryana, S.P mengatakan, ” Alhamdulillah kami telah membuka acara bintek Pemutahiran Data berbasis SDGs, dimana hal tersebut merupakan salah satu amanah dari pemerintah pusat, diharapkan para peserta yang hadir dapat mensosialisasikan pendataan
tersebut kepada masyarakat, bertujuan agar pendataan berkisanambungan, bisa menjadi ukuran atau barometer tingkat pertumbuhan pada bidang IPM ( Indeks Pembangunan Manusia ). Ucap Yaya Heryana,S.P.

SDGs atau lebih kerennya Sustainable Development Goals merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2022, merujuk dari Permendes, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Lanjut Kades, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, peduli kesehatan, lingkungan, pendidikan, ramah perempuan, berjejaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Dan ini merupakan moment yang baik bagi desa Sukamanah dan hal ini pun sebagai perioritas penggunaan Dana Desa sesuai arahan Kemendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang pembahasan pembangunan di tahun 2022. Pungkas Yaya Heryana, S.P. ( Didi Supriadi ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *