banner 728x250

Pemdes Cisadap Menggelar RPJMDes, Targetkan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Exif_JPEG_420

Kab. Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Bertempat di Gedung Serba Guna desa Cisadap, Pemdes Cisadap kecamatan Ciamis menggelar RPJMDes ( Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ). Selasa, ( 19/07/2022 ).

Pada pelaksanaan RPJMDes kali ini diikuti Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa beserta Kepala Dusun, Babinsa, Pendamping Desa, Camat Ciamis atau yang mewakili, BPD, LPM, UPTD Puskesmas, KB, PKK, Karang Taruna dan lembaga desa lainnya.

Seperti halnya yang disampaikan Pendamping desa Intan, S.E menerangkan, RPJMDes atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, dibuat berdasarkan pada masa jabatan Kepala Desa untuk sekali masa jabatan, selama  enam tahun. Dan RPJMDes itu sendiri merupakan dasar penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang berlaku untuk satu tahun. RKP Desa ini merupakan penjabaran dari RPJMDes. Terangnya.

Menurutnya RPJMDes memuat visi misi kepala desa dan segala sesuatu yang akan dikerjakannya selama memimpin desa. Dalam RPJMDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa. Rencana kegiatan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya. Sebelum menyusun RPJMDes, seyogyamya memahami terlebih dahulu arah kebijakan pemerintah Kabupaten, sehingga tidak terjadi tumpang-tindih dan ketidaksesuaian pelaksanan kegiatan. Tandasnya.

Lanjut Intan,S.E, pada prinsipnya kajian harus dilakukan agar terjadi penyelarasan data. Selain itu, Desa juga harus melaksanakan penggalian aspirasi, baik melalui musyawarah di tingkat dusun (Musdus) maupun Musyawarah Desa (Musdes).


Dokumen RPJM Desa menjadi penting sebagai alat bantu dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan desa. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak melenceng dari garis-garis yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan yang diatur dalam permendagri No.114/2014 Pasal 7 Ayat 3 mengatur tahapan penyusunan RPJM Desa. Tandasnya.

Usai dilaksanakan rapat pembahasan Kepala Desa Cisadap H.M.Muslih, S.IP mengatakan alhamdulillah rangkaiian acara RPJMDes dari pagi sampai sore ini berjalan lancar dan bisa diambil kesimpulan, kami yakin dan percaya kepada seluruh perangkat dan lembaga desa akan mampu mewujudkan asa warga masyarakat desa Cisadap lebih maju dan mandiri kedepannya, namun tentunya kami pun berharap dukungan dan peranserta aktif seluruh warga dan lembaga yang ada di desa. Ucapnya.

Untuk itu dalam pembahasan selanjutnya, kami meminta semua usulan masyarakat dapat terakomodir dapat menjadi rencana kerja yang akan dituangkan, baik infrastuktur, sarana prasarana,pendidikan,kesehatan,kebersihan lingkungan maupun pengelolaan bank sampah dan lainnya harus dapat direalisasikan. ” Intinya Kami ingin Desa Cisadap lebih unggul, Maju, Mandiri dan sejahtera bersama”. Pungkas H.M.Muslih,S.IP ( Die ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *