banner 728x250

Pemdes Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti, Dorong Ketahanan Pangan Melalui Kelompok Wanita Tani ( KWT) Rancage

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Pemdes Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti mendorong Ketahanan Pangan melalui Kelompok Wanita Tani ( KWT) Rancage bertempat di dusun Cicurug, salah satunya melalui pembinaan dan keberadaan dalam upaya bercocok tanam dan kelestarian lingkungan. Sabtu, (07/01/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala desa Cijulang Endang Hidayat,S.T. didampingi Sekretaris Desa beserta perangkat, dan seluruh anggota KWT Rancage
Kepala desa Cijulang Endang Hidayat,S.T. menuturkan kepada Media KR, Kelompok Wanita Tani (KWT) Rancage merupakan kelompok binaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Ciamis, namun pihaknya pun merasa perduli dan bertanggung jawab guna melakukan pembinaan sekaligus bimbingan dan suport agar KWT yang ada di desanya berjalan lebih eksis dan terjalin komunikasi. Ucapnya

Lanjut Kades Cijulang, Pembentukan kelompok tersebut sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di level terbawah yakni perdesaan, diharapkan Kelompok Wanita Tani (KWT ) Rancage dapat meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan tetapi juga berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga masing-masing anggota beserta mampu memberdayakan masyarakat yang ada dilingkup desa Cijulang.
Menurutnya, melalui wadah (KWT Rancage ) para anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga , pihaknya pun senantiasa memberikan keterampilan serta diberdayakan sehingga mampu mengolah pangan secara mandiri bahkan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi. Tandas Kades Cijulang Endang Hidayat,S.T.

Sementara itu salah satu Kepala Kedusunan didampingi anggota KWT Rancage menyampaikan, bahwa kelompoknya sudah terbentuk sejak tahun 2019 lalu dengan jumlah anggota yang telah bergabung dengan kelompok wanita tani Rancage itu semuanya merupakan keterwakilan dari masing-masing kedusunan yang ada di wilayah desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti.

“ Yaa Alhamdulillah adanya KWT ini mampu menginspirasi sekaligus tempat dimana menjalin silaturahmi satu sama lainya, bisa menimba ilmu dan wadah yang mampu meluangkan waktu kosong dengan hal-hal yang bermanfaat. ujar Dedah saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan edukasi yang disampaikan pemdes Cijulang.
Tidak hanya itu, KWT Rancage ini sendiri, saat ini pun sedang melakukan tanam tanaman berupa kangkung, bayam, bawang daun, jahe dan lainya, sementara untuk masing-masing anggota memiliki produk atau budidaya tanaman di pekarangan rumah nya masing-masing.

Dan untuk pemasaran hasil tanam itu sendiri, ia mengaku dinas terkait atau melalui KTNA memberikan fasilitas untuk mempromosikan produk atau hasil tanam tersebut, salah satunya diikutsertakan dalam bazar produk di event-event tertentu yang digelar oleh pemerintah kabupaten Ciamis pada acara khusus baik HKP atau lainya. Selain itu, pihaknya juga memanfaatkan pemasaran secara online dan atau dipasarkan di wilayah desa Cijulang. Pungkasnya.
Ditempat yang sama anggota KWT Rancage menambahkan, Kami sangat berterima kasih kepada Pemdes Cijulang, pasalnya melalui Kepala Desa bapak Endang Hidayat,S.T. beserta Sekretaris Desa dan juga perangkat desa lainya senantiasa Menghadiri dan mensuport kami dalam setiap event dan kegiatan. Tandasnya.( Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *