banner 728x250

Muspika Kecamatan Sindangkasih Mengahadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Dssa ( RKP DESA ) Tahun 2023 di Desa Sukamanah

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Pemerintah Desa Sukamanah kecamatan Sindangkasih kabupaten Ciamis telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa, yang selanjutnya disingkat Musrenbang yang dilaksanakan pada hari Kamia 06 September 2022 bertempat di Aula desa Sukamanah.

Musrenbang ini dihadiri oleh Camat Kecamatan Sindangkasih Dra.Rina, Kapolsek Cikoneng Kompol.Ipin Tasripin,S.H. Danramil, Ketua BPD beserta jajarannya, Lembaga Desa, elemen dan unsur masyarakat, beserta Kepala Desa Sukamanah Yaya Heryana,S.P. dan juga perangkat desa.
Musrenbang merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam  jangka waktu satu tahun atau satu periode.

Yaya Heryana,S.P. Kepala Desa Sukamanah kepada Media KR mengatakan, Pada pelaksanaan Musrenbang kali ini melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, dan sumber dana lainnya. ” Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat Kecamatan untuk tahun 2023. ” Terang Kades Sukamanah.

Menurutnya ada 5 Point pembahasan yang menjadi perencanaan dalam musyawarah rencana pembangunan desa di desa Sukamanah yakni pemerintahan, pembinaan, pembangunan, pemberdayaan dan darurat bencana. Dan tentunya hal tersebut pun pastilah sama hampir semua desa, Dan untuk Darurat Bencana ini sendiri pihaknya menambahkan usulan pasalnya dari dampak bencana longsor kemarin menjadi perhatian serius agar jadi skala prioritas. Tandas Yaya Heryana,S.P.

Rangkaian acara dipandu oleh Kaur Keuangan Dede Sumarya dari awal hingga akhir berjalan aman,lancar dan tertib sekaligus menghasilkan keputusan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *