banner 728x250

Kadisdik Ciamis Melalui Kabid PAUD dan PNF, Buka Sosialisasi Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Belajar PKBM di Desa Sukamaju

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat com – Bertempat di aula desa Sukamaju kecamatan Cihaurbeuti kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis bersama PKBM Budi Utama menggelar acara sosialisasi Pelatihan Keterampilan Bagi Warga Belajar PKBM Disdik Kabupaten Ciamis Tahun 2023. Rabu, (31/01/2023 ).

Hadir dalam acara tersebut, Kadisik Kabupaten Ciamis yang diwakili Kabid PAUD dan PNM (Pendidikan Non Formal ), KASI beserta Staf Disdik Kabupaten Ciamis, Camat Cihaurbeuti beserta Sekretaris Kecamatan dan Kasi PMD, Kapolsek Cihaurbeuti, Danramil 1305/Chb, Kepala Desa Sukamaju dan Sukahurip, beserta Kasi Pelayanan se kecamatan Cihaurbeuti, Ketua BPD beserta Anggota, Pengurus PKBM Budi Utoma dan juga para peserta PKBM.
Sekaligus dibuka oleh Kabid PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Eka Yudha Katresna,S.Sos,M.Si.
Camat Cihaurbeuti H Edy Yulianto,A.Td,M.M. dalam sambutannya mengatakan, ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis atas terselenggaranya pendidikan Non Formal di kecamatan Cihaurbeuti salah satunya PKBM. Dan juga kepada Pemdes Sukamaju pasalnya merupakan desa Sukamaju menurutnya salah satu desa terbanyak yang mengikuti PKBM ada sekitar 130 orang, ini prestasi dan kami menyampaikan apresiasi pasalnya melalui PKBM mampu untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) dan meningkatkan SDM diwilayah desa Sukamaju pada khususnya. Ucap Camat Cihaurbeuti.

Yaa hal tersebut pun tentunya sekitar 40 juta digelontorkan pada setiap tahunnya.

Kami pun berharap kepada seluruh peserta didik PKBM Budi Utoma agar kedepannya, ketika sudah lulus bisa merubah data baik KK ataupun KTP guna meningkatkan pendataan agar mampu mendongkrak nilai ataupun lama pendidikan (RTS ) yang ada di desa. Harap H Edy Yulianto,A.Td,M.M.

Lanjut Camat Cihaurbeuti, kami pun berharap kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis melalui Kabid PAUD dan PNF agar lebih memperhatikan sekaligus bersama meningkatkan pendidikan PAUD dan TK.Pungkas Camat Cihaurbeuti H.Edy Yulianto,A.Td,M.M.

Ditempat yang sama Kadis Pendidikan kabupaten Ciamis yang diwakili Kabid PAUD dan PNF Eka Yudha Kratesna,S.Sos,M.Si menyampaikan, permohonan ma’af atas ketidak hadiran Bapak Kadisdik pasalnya beliau pada saat ini sedang menghadiri kegiatan bersama Pak Bupati Ciamis. Ucapnya

Lanjut Kabid PAUD dan PNF Eka Yudha,S.Sos,M.Si, kami sangat mengapresiasi peserta PKBM di kecamatan Cihaurbeuti sendiri banyak diminati warga salah satunya untuk desa Sukamaju ini ada sekitar 130 orang ikut PKBM, sesuai dengan program dan harapan Pemkab Ciamis IMAS GEMAS dan untuk capaian target harus mencapai 8,05 tahun 2023. Diharapkan melalui program IMAS GEMAS kecamatan Cihaurbeuti mampu meningkatkan laju tumbuh pendidikan kesetaraan melalui PKBM.
Program PKBM ini sendiri bertujuan tidak hanya mengejar target selembar Ijazah saja, namun harus mampu mengembangkan keahlian dan keterampilan baik menjahit, komputer, tata rias pengantin dan lainya, Intinya Imas Gemas mampu mewujudkan visi misi kabupaten Ciamis meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dan mendorong masyarakat mampu menopang tumbuhnya perekonomian, permodalan dan pendobrak pertumbuhan ekonomi. Terangnya

Proses belajar mengajar PKBM ini sendiri untuk usia 25 Tahu keatas dengan kriteria 20 persen Tatap Muka, 30 % menggunakan modul berbentuk digital dan 50 % lagi belajar mandiri dengan cara menggunakan geogle ataupun yutube dan diharapkan hal tersebut bisa dimanfaatkan guna mengisi kesibukan dan luang waktu sendiri. Pungkasnya ( Die ).

Editor: Didi Supriadi

Respon (1)

  1. Sangat menjadi apresiasi untuk meningkatkan pendidikan di wilayah kabupaten Ciamis, khsususnya di wilayah kecamatan Cihauebeuti. Pendidikan non formal menjadi salah satu tonggak untuk meningkatkan pendidikan di Masyarakat.
    Akan tetapi akan menjadi lebih baik dan dari pengelolaan yang sangat tertib apabila tata kelola PKBM dilaksanakan dengan baik.

    Untuk diperhatikan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis sebagai fungsi pengawas yang membidangi pendidikan di wilayah Kabupaten Ciamis, ada temuan sejumlah siswa yang masuk langsung di kelas tengah baik di paket B maupun di paket C. Hal ini akan berdampak panjang dikemudian hari apabila tidak tertibnya tata kelola PKBM.

    terlampir data siswa yang diindikasi langsung masuk di kelas tengah : shorturl.at/loFY2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *