banner 728x250

Kades Pasirtamiang, Bhabinkamtibmas Beserta Babinsa, Giat Melaksanakan Pembinaan dan Penyuluhan Kepada Para Kelompok Tani

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat – Kepala Desa Pasirtamiang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Jawa Barat Beserta Bhabinkamtibmas dan Babinsa giat memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada para Kelompok Tani Penerima Bantuan Dana Desa Tahun 2022 Program Ketahanan Pangan, Bertempat di aula desa Pasirtamiang. Rabu, ( 15/02/2023 ). Sore.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Desa Pasirtamiang Aripin,S.Ag, Sekretaris beserta Perangkat Desa,Ketua BPD, Bhabinkmatibmas, Babinsa, dan juga para ketua beserta anggota kelompok tani.
Kepala desa Pasirtamiang Aripin,S.Ag menyampaikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada hadirin dan juga kelompok tani khususnya yang telah berkontribusi terhadap pembangunan dan laju perekonomian yang ada didesa Pasirtamiang, melalui kelompok tani mampu mempungsikan lahan garapan menjadi baik dan bisa ditanam, sekaligus berkontribusi terhadap ketahanan pangan. Ucapnya.

Lanjut Aripin,S.Ag, Semoga di Tahun 2023, sebagai program lanjutan ketahanan pangan, kami pun akan terus menggenjot sekaligus meningkatkan sarana prasarana Pertanian, pasalnya melalui para petani lah krisis ketahanan pangan akan dapat teratasi, dan moment kali ini sebagai evaluasi dan penyuluhan bersama dengan melibatkan Ketua BPD, Bhabinkmatibmas dan juga Babinsa. Kita mendorong para petani lebih giat dan semangat mengembangkan produksi pertanian. Ucapnya .

Hal senadapun ditambahkan Heri selaku Sekdes Pasirtamiang, dikumpulkan nya para Ketua beserta Anggota Kelompok Tani ini sebagai evaluasi, sekaligus peningkatan kapasitas, dan memberikan pemahaman dalam pemanfaatan Dana Desa yang telah disalurkan pada program ketahanan pangan. alhamdulillah pada kenyataannya masing-masing Poktan yang telah memanfaatkan Dana Desa secara keseluruhan mampu memberdayakan bahkan mensejahterakan kelompok dan juga individu, bahkan telah berhasil menetaskan kelompok tani baru. Katanya.
Lanjut Heri, melalui program ketahanan pangan tersebut, roda perekonomian diwilayah nya berjalan dengan baik, salah satunya dari hasil kelompok tani itu sendiri mampu menyediakan bahan baku bagi pelaku home industri salah satunya petani singkong.
” Pada prinsipnya kami mendorong para kelompok tani agar memanfaatkan bantuan tersebut sebijak mungkin, dan telah digelontorkan sesuai kebutuhan masing-masing kelompok tani, seperti halnya kepada kelompok tani ternak, perikanan dan perkebunan. Tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua kelompok tani mengatakan, sebagai petani singkong kami sangat mengapresiasi program Ketahanan Pangan yang bersumber dari Dana Desa , pasalnya telah mampu mendongkrak PAD dan juga kebutuhan diwilayah desa Pasirtamiang dapat terpenuhi, bahkan dari Dinas Pertanian kabupaten Ciamis sendiri sangat merespons pertumbuhan produksi singkong di daerahnya, ini sangat luar biasa satu pohon dapat hasil lebih dari 6 Kg. Ucapnya.

Namun dalam hal ini pun, kami pun perlu bantuan dan perhatian bersama bagaimana cara menanggulangi hama babi hutan dan lainya. harapnya.

Sementara itu Ketua BPD Desa Pasirtamiang, kami sangat mengapresiasi sekaligus mensupport para petani yang ada di desa Pasirtamiang. Semoga usaha dan jerih payah yang telah kita lakukan bersama mendapatkan hasil yang baik, sehingga keberadaan Poktan di Pasirtamiang semakin unggul dalam produksi pertanian. Dan tentunya hal itu pun perlu perhatian bersama, salah satunya sarana transportasi, Jalan Usaha Tani (JUT ) yang akan memudahkan para petani berladang sekaligus sebagai sarana untuk roda perekonomian. Semoga tahun ini dapat terealisasi. Tandasnya.
Babinsa Pasirtamiang didampingi Bhabinkmatibmas menambahkan, moment kali ini merupakan moment yang sangat baik, sebagia Babinsa beserta Bhabinkmatibmas kami akan senantiasa membantu dan mengedukasi para petani khususnya, demi terwujudnya pertumbuhan perkonomian yang handal, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan kami pun akan siap membantu pemasaran produk hasil pertanian dan itu pasti akan terwujud manakala sudah terjalin komunikasi yang baik. Disamping itu pun kami berharap kepada para kelompok tani ternak agar memberikan laporan nya guna pendataan sekaligus pelayanan kesehatan bagi hewan itu sendiri Tandasnya. (Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *