banner 728x250

Isi Seminar di Universitas Unida Bogor, Pembina LBH Keadilan Rakyat, Ini lah Tujuan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan

Mediakeadilanrakyat.com Bogor – Disela kesibukannya sebagai Advokat sekaligus Pembina LBH Keadilan Rakyat, dan juga Penceramah H Iwan Sumiarsa,S.H. mampu membagi waktu dan kesempatan sekalipun di bulan suci ramadhan.
Salah satu nya agenda beliau disaat menerima undangan dan Nara sumber guna mengisi seminar saresehan di Universitas Unida Bogor. Senin, ( 10/04/2023 ).

Usai menyampaikan materi Pembina LBH Keadilan Rakyat H Iwan Sumiarsa,S.H. mengatakan kepada Media Keadilan Rakyat, alhamdulill hari ini kami masih bisa mengisi materi di Kampus Unida Bogor, tepat Dibulan suci ramadhan 1444 H.

Menurutnya bulan suci ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan memiliki banyak keberkahan. Ucapnya.

Lanjut H Iwan Sumiarsa,S.H. mari kita jadikan bulan Ramadhan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa taqwa, dan meningkatkan kesadaran spiritual. Harap Pembina LBH Keadilan Rakyat.
Selain itu tambah H.Iwan Sumiarsa,S.H. Ibadah di bulan Ramadhan juga memiliki makna dan tujuan sebagai syahrut tarbiyah ( bulan pendidikan ) salah satunya yakni :

1. Mengajarkan rasa empati

Puasa Ramadhan mengajarkan kepada kita sebagai umat Islam untuk merasakan betapa sulitnya hidup bagi orang-orang yang kurang beruntung, disaat himpitan ekonomi,susahnya lapangan pekerjaan dan hidup pas-pasan. Ketika berpuasa, kita sebagai umat Islam merasakan rasa lapar dan haus, sehingga mereka lebih mampu memahami kondisi orang-orang yang kurang beruntung dan membutuhkan pertolongan.

2. Menumbuhkan rasa kemandirian

Puasa Ramadhan juga mengajarkan kita ( umat Islam ) untuk menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Umat Islam harus belajar mengatur waktu makan, minum, dan beribadah agar puasa mereka berjalan lancar, ini yang disebut syahrut tarbiyah ( bulan pendidikan ).

3. Menjaga kesehatan

Meskipun puasa Ramadhan melarang umat Islam untuk makan dan minum, ibadah ini sebenarnya dapat membantu menjaga kesehatan. Puasa Ramadhan dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan zat-zat yang tidak diperlukan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat, sebagaimana dalam Hadits Rosul SAW ” Berpuasalah agar kalian sehat “.

4. Meningkatkan solidaritas sosial

Puasa Ramadhan juga mengajarkan umat Islam untuk meningkatkan solidaritas sosial dan saling membantu, berbagi makanan dan minuman dengan orang-orang yang kurang beruntung, sehingga terjalinlah solidaritas dan kebersamaan. Seperti halnya elalui BUBOS sebagai program Pemprov Jawa Barat itu dapat dirasakan manfaatnya oleh orang-orang yang membutuhkan.

5. Meningkatkan kebersihan moral

Puasa Ramadhan juga dapat membantu meningkatkan kebersihan moral, seperti berbohong, dzolim, khianat, dan perbuatan dosa lainnya.
Dengan menahan diri dari perilaku yang buruk, kita ( umat Islam ) dapat memperbaiki diri dan meningkatkan kebersihan moral. Paparnya.

Terakhir, mari kita jadikan moment bulan suci ramadhan ini sebagai bulan untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan bulan evaluasi. Tandas Pembina LBH Keadilan Rakyat H.Iwan Sumiarsa,S.H. ( Die ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *