banner 728x250

Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd, M.Pd Bahas Rancangan Pembelajaran (Modul Ajar ) Kepada Kasek dan Guru Tingkat PAUD Se-Kecamata. Cihaurbeuti

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas Pendidikan di wilayah kecamatan Cihaurbeuti, Pengawas TK Cihaurbeuti Hj Ecin Kuraesin,S.Pd, M.Pd melaksanakan kegiatan KKG TK kecamatan Cihaurbeuti yakni membahas rangcangan Pembelajaran ( Modul Ajar ) PAUD kepada para Kepala Sekolah dan guru. Selasa, ( 17/01/2023 ) Bertempat Di TKN Satap Cihaurbeuti.
Disampaikan Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd kepada mediakeadilanrakyat.com, pembelajaran yang termuat dalam modul ajar PAUD dirancang untuk memandu guru dan pendidik untuk melaksanakan pembelajaran sehari-hari guna mencapai suatu tujuan pembelajaran dan pembelajaran tersebut disusun berdasarkan alur tujuan pembelajaran yang digunakan pendidik sehingga bentuknya lebih rinci dibandingkan alur tujuan pembelajaran. Ucapnya.

Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd menambahkan, bahwa alur tujuan pembelajaran tidak ditetapkan oleh pemerintah sehingga pendidik yang satu dapat menggunakan alur tujuan pembelajaran yang berbeda dengan pendidik lainnya meskipun mengajar peserta didik dalam fase yang sama. Oleh karena itu, rencana pembelajaran yang dibuat masing-masing pendidik pun dapat berbeda-beda, terlebih lagi karena pembelajaran ini dirancang dengan memperhatikan berbagai faktor lainnya, termasuk faktor peserta didik yang berbeda, lingkungan sekolah, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, dan lainya. Terang Pengawas Binaan TK Cihaurbeuti.
Lebih lanjut Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd menerangkan, apabila pendidik menggunakan modul ajar, maka ia tidak perlu membuat RPP karena komponen-komponen dalam modul ajar meliputi komponen-komponen dalam RPP atau lebih lengkap daripada RPP.. Dalam modul ajar, perencanaan dilengkapi dengan media yang digunakan, termasuk juga instrumen asesmennya. Oleh karena modul ajar lebih lengkap dari pada rencana pelaksanaan pembelajaran, maka pendidik yang menggunakan modul ajar untuk mencapai satu atau lebih tujuan pembelajaran tidak perlu lagi mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Tandas Hj Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd.

Terakhir Beliau menyampaikan, Pembuatan Modul Ajar ini tidak lepas dari prinsip Pembelajaran di PAUD, antara lain hilostik, berpusat pada peserta didik ,konstektual dan eksploratif serta dengan menanamkan propil pelajar Pancasila.
Semoga melalui rangkaian kegiatan ini diharapkan mampu mencetak generasi handal, berkualitas dan pendidikan semakin dirasakan keberhasilannya oleh seluruh warga masyarakat. Tandasnya ( Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *