banner 728x250

DPRPKLH Kabupaten Ciamis Lakukan Kunjungan Silaturahmi Ke KWT Rancage Desa Cijulang

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – DPRPKLH Kab.Ciamis melalui Kabid Tata Lingkungan melalukan Kunjungan Kerjanya ke KWT Rancage desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti didampingi Penyuluh beserta Pembina Proklim kecamatan. Rabu, (09/02/2023).

Dalam kunjungan nya tersebut, disambut langsung kepala desa Cijulang Endang Hidayat,S.T. berserta perangkat desa dan juga Pengurus KWT Rancage

Kabid Tata Lingkungan DPRPKLH Kabupaten Ciamis Mujiono menyampaikan, bahwa kunjungan nya kali ini untuk bersilaturahmi, sekaligus memberikan edukasi persiapan Proklim di KWT Rancage. Menurutnya tidak hanya KWT Rancage atau Kampung KB dan Bank Sampah, pada prinsipnya kita akan menyeluruh melakukan silaturahmi dan pembinaan sebagaimana kata Pak Bupati Ciamis ” Kita harus menyeluruh melakukannya Membangun Bersama untuk Ciamis.” Ucapnya.
Salah satunya meninjau langsung kesiapan masyarakat hingga mampu mengeksekusi, dan Silaturahmi ini demi Sinergitas bersama Pemdes Cijulang dan juga masyarakat.

Lanjut Kabid TL DPRPKLH kab.Ciamis, Proklim (Program Kampung Iklim ) yang diluncurkan KLHK merupakan program berlingkup nasional, dalam rangka meningkatkan ketertiban masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk meningkatkan ketahanan iklim,menurunkan emisi atau meningkatkan serapan gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.
Lanjut Mujiono, Aksi masyarakat dalam Proklim bisa melalui ragam aktivitas salah satunya melakukan serapan air, pengendalian bahaya banjir dan longsor, meningkatkan ketahanan pangan, pengendalian penyakit terhadap iklim . Dan juga didukung aksi mitigasi antara lain pengelolaan sampah, konservasi dan inovasi bionergi, penghijauan, serta budidaya pertanian rendah emisi GRK. Dan yang tak kalah pentingnya, masyarakat melakukan pengelolaan lokasi melalui kelembagaan Proklim yang mengkoordinasikan setiap unsur dimasyarakat serta membangun jejaring pendukung Proklim untuk menjaga keberlanjutan dan pengembangan aksi dalam Proklim.
Hal tersebut, akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung maupun tidak langsung dari program ini , cukuplah banyak keberhasilannya ,antara lain : rasa nyaman , lingkungan bersih dan Asri, Ketahanan Pangan meningkatkan, udara semakin sejuk,air tanah bertambah , banjir yang lagi tidak menyapa dan lain sebagainya. Tidak hanya itu manfaat lainya pun meningkatnya pendapatan melalui pengembangan kapasitas lokasi sebagai tujuan belajar dan wisata serta pengembangan produk lokal. Maka salah satunya melalui pola tanam pekarangan rumah pun akan mampu menambah penghasilan keluarga. Tandasnya.

Proklim pun akan mampu mendorong terjadinya kolaborasi antar setiap unsur masyarakat, baik antar desa ,antar lembaga pemerintahan, lembaga usaha,l embaga non pemerintah, sekecil apapun hal baik yang diimplementasikan akan sangat besar dilaksanakan secara masif dan bersama sama. Tandas Mujiono Kabid Tata Lingkungan.
Ditempat yang sama Kepala desa Cijulang Endang Hidayat,S.T. menyampaikan , ucapan terima kasih atas kunjungan dan silaturahmi Pak Kabid TL DPRPLKH Kab.Ciamis di KWT Rancage, dan kami pun berharap kepada DPRPKLH dan atau Dinas/Instansi lainya guna mendorong dan memberikan bantuannya baik melalui CSR atau lainya, agar target pencapaian pembangunan dan pemberdayaan masyarakat didesa Cijulang terwujud salah satunya Program Kampung Iklim. Tandasnya

Usai melakukan kunjungan silaturahmi di KWT Rancage, Kabid TL didampingi Kades Cijulang berkeliling melakukan peninjauan langsung ke Bank Sampah dan Agen Makanan Sehat Besar Organik Paseron produk Kelompok Tani Mekar IV Cijulang. ( Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *