banner 728x250

Dinas Pendidikan Kab.Ciamis Dampingi Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd, Harapkan Visi Merdeka Belajar Merdeka Bermain Tercapai Dilingkup Pendidikan PAUD

Kab. Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Dinas Pendidikan kabupaten Ciamis melalui Penilik PAUD Drs.Asep Herdis dampingi Tim PBD Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd, M.Pd beserta Eli Masliah,S.Pd,M.Pd yang kembali melaksanakan kegiatan bimbingan teknik perencanaan berbasis data (PBD ) di Korwil Pendidikan Kecamatan Panumbangan guna mewujudkan PAUD Berkualitas Sesuai Visi Merdeka Belajar Merdeka Bermain. Jum’at, ( 09/09/2022 ).

Disampaikan Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd kepada Media Keadilan Rakyat usai pelaksanaan PBD , adanya kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi seluruh anak usia dini agar dapat bertumbuh kembang secara optimal sehingga siap bersekolah, sesuai dengan visi merdeka belajar merdeka bermain. Ucap Hj.Ecin.

Alhamdulillah antusis beserta kehadiran para kepala TK dan Pengelola Kober di Korwil Pendidikan Panumbangan sangat bersemangat, hal ini bukti dari partisipasi yang tinggi guna menimba ilmu, menambah wawasan sekaligus secara bersama meningkatka kualitas dan mutu pendidikan, intinya mereka ( Kepala TK,Dewan guru dan Pengelola Kober memiliki satu kesamaan pendapat tidak berharap ada anak usia dini yang tertinggal dalam mendapatkan layanan pendidikan. Mereka semua berharap dapat meraih pendidikan yang berkualitas. Ujarnya.
Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd,M.Pd menambahkan, semoga melalui Bimtek PBD salah satunya kita mampu melakukan perbaikan pembelanjaan anggaran yang efektif dan akuntabel melalui perencanaan berbasis data. Pasalnya perencanaan berbasis data merupakan proses yang berkelanjutan dan terintegrasi dalam siklus perencanaan pendidikan.

PBD itu sendiri lanjut Hj.Ecin adalah perencanaan yang dilakukan berdasarkan pada data profil pendidikan dengan tujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.Disamping itu PBD bertujuan untuk melakukan perubahan pola pikir dan pembiasaan dalam mendorong satuan pendidikan dan Pemerintah Daerah pun berperanserta dalam menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta sesungguhnya.

Kami berharap PBD ( Perencanaan Berbasis Data ) dapat meningkatkan kualitas perencanaan satuan pendidikan dan pemerintah daerah melalui dukungan data profil pendidikan, penggunaan pendekatan ilmiah dalam mengidentifikasi masalah dan merumuskan solusi peningkatan mutu.
Pada dasarnya proses pelaksanaan PBD ( Perencanaan Berbasis Data ) dilakukan melalui tiga langkah, yaitu identifikasi masalah – refleksi – benahi. Papar Hj.Ecin Kuraesin,S.Pd M.Pd.

Terakhir kamj sampaikan bahwa Kegiatan sosialisasi kepada Kepala TK dan Pengelola Kober ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan pendampingan berjenjang yang sudah dimulai dengan penguatan dalam pelaksanaan perencanaan berbasis data khususnya ditingkat PAUD. Pungkasnya. ( Didi Supriadi ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *