banner 728x250

BPJS Kesehatan Melalui Kadis Sosial Kabupaten Ciamis Serahkan Kartu JKN PBI,Diterima Langsung Camat Cihaurbeuti

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Kepala Dinas Sosial kabupaten Ciamis didamping kabid dan Kasi menyerahkan langsung Kartu Indonesia Sehat ( KIS ) JKN PBI kepada warga masyarakat di kecamatan Cihautbeuti, pada kesempatan tersebut diterima langsung Camat Cihaurbeuti didampingi Sekmat,Kasi PMD beserta TKSK dan juga Kasi Pelayanan Desa. Jum’ar, ( 12/08/2022 ).

Seperti kita ketahui, Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah tanda kepesertaan JKN untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis.
KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta program JKN, termasuk penerima bantuan iuran (PBI ).

Pada kali ini pun melalui Dinas Sosial secara bertahap diserahkan kartu JKN PBI, kurang lebih sekitar 190 Kartu telah diterima dan akan diserahkan kepada warga pada masing-masing desa di wilayah kecamatan Cihaurbeuti.
JKN itu sendiri merupakan program jaminan sosial bagi masyarakat sesuai amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004.

BPJS Kesehatan menjamin biaya pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif hingga rehabilitatif bagi peserta program JKN berstatus aktif selama peserta yang bersangkutan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Dari sisi sasaran peserta dan iuran, kepesertaan program JKN terdiri atas 2 kelompok.
Pertama, kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran, baik membayar sendiri ataupun berkontribusi bersama pemberi kerjanya.
Kelompok kedua adalah masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah.
Para peserta tanpa iuran ini disebut sebagai Peserta BPJS PBI (Peserta Bantuan Iuran). 
Peserta bebas iuran ini adalah warga negara Indonesia yang sebelumnya telah menjadi peserta KIS, Jamkesda, Jamkesmas, dan KJS.

Semoga melalui program JKN PBI dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga, namun demikian kita tetap selamanya diberikan kesehatan. ( Iwa Kartiwa,S.E. ).

Penulis: Iwa Kartiwa,S.E.Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *