banner 728x250

5 Desa di Kecamatan Cihaurbeuti Melaksanakan Musrenbang Desa, Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan RKP Desa Tahun 2023

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyay.com – 5 dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Cihaurbeuti secara serentak telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembanganunan Desa dalam rangka Pembahasan dan Penyepakatan Rancangan RKP Desa Tahun 2023 yakni Desa Cihaurbeuti, Sumberjaya, Sukahaji, Sukamulya dan desa Sukahurip.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat Musrenbang ini dilaksanakan secara serentak oleh 5 desa pada hari Rabu tanggal 28 September 2022 bertempat di Aula desa masing-masing.
Musrenbang ini dihadiri oleh Camat kecamatan Cihaurbeuti yang diwakili Kasi Pembangunan beserta Kasi lainya, Pendamping Desa, BPD beserta anggota, LPM, Pengurus Bumdes, PKK,LPM, Karang Taruna, RT/RW, elemen dan unsur masyarakat, dan tentunya Kepala Desa beserta perangkat desa.

Musrenbang merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam  jangka waktu satu tahun atau satu periode.
Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah desa untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun selanjutnya. Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, BanProv, dan sumber dana lainnya.

Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2023 serta DURKP yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat Kecamatan untuk tahun 2024. 
Dan dari masing-masing desa ada 4 dan 5 point yang menjadi pembahasan yakni Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan, Pemberdayaan dan darurat bencana.

Dalam hal darurat, ini menjadi pembelajaran dari masing-masing pemerintah desa pasca bencana dimana ada 7 desa yang mengalami dan terdampak bencana alam tanah longsor dan banjir, sehingga menjadi pertimbangan untuk dimasukkan pada Musrenbang Pembahasan dan Pemupakatan.

Rangkaian acara dari awal dan akhir berjalan lancar dan menghasilkan kesepakatan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *