banner 728x250

Pastikan Kesiapan Keamanan Jelang Hari Rsya Idul Fitri 1444 H, Bupati Ciamis Gelar Rakor Tingkat Kabupaten

Mediakradilanrakyat.com Ciamis – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Yana D Putra beserta jajaran Forkopimda memimpin jalannya rapat koordinasi tingkat Kabupaten Ciamis.

Rakor tersebut digelar dalam rangka kesiapan pemerintah daerah beserta pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1.444 H/2023 M.

Dalam arahannya, Bupati Ciamis menuturkan Hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang paling dinanti oleh masyarakat sehingga diprediksi akan banyak masyarakat yang melaksanakan mudik menjelang hari lebaran nanti.

Sehingga hal tersebut tentu perlu kesiapan semua pihak mengingat Kabupaten Ciamis merupakan jalur perlintasan darat bagi para pemudik, khususnya di Jawa Barat.

“Kita Kabupaten Ciamis juga sebagai jalur lintasan, karena kita tidak ada pelabuhan udara maupun laut, jadi yang harus diantisipasi adalah pemudik yang melalui jalur darat baik jalan raya maupun kereta api,” ucapnya.

Oleh karenanya, Bupati Ciamis memerintahkan kepada Dinas terkait dalam hal ini Dishub untuk dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti TNI POLRI dalam mempersiapkan petugas keamanan dilapangan termasuk rekayasa lalu lintas.

“Siapkan posko pengamanan dan pemantauan arus mudik di beberapa titik lokasi serta sarana prasarana pendukung sarana oprasional termasuk antisipasi rekayasa lalin berikut rambu-rambunya,” Ujarnya.

Untuk kegiatan pengamananya sendiri direncanakan akan dilaksanakan sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri yakni dari tanggal 16 sampai dengan 30 April 2023.

Selain itu, di bidang kesehatan Bupati Herdiat memerintahkan untuk menyiapkan posko-posko kesehatan serta personil tenaga kesehatan yang dapat bersiaga satu kali dua puluh empat jam setiap harinya.

“Kaitan dengan kesiapan layanan kesehatan utamakan posko-posko kesehatan di jalur protokol serta sarana penunjang lainya harus benar-benar siap seperti mobil ambulance yang siap pakai,” Paparnya.

Kemudian terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri tingkat Ciamis kota dikatakan Bupati untuk tahun ini tidak akan dilaksanakan di halaman Masjid Agung Ciamis seperti tahun sebelumnya, melainkan akan dilaksanakan di Taman Raflesia sebelah timur.

“Khusus pelaksanaan shalat Id di Ciamis kota yang biasa nya dilaksanakan di halaman Masjid Agung akan dilaksanakan di Taman Raflesia sebelah timur, hal itu sehubungan dengan sedang adanya renopasi di taman raflesia sebelah barat,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menambahkan bahwa untuk pemudik tahun ini diprediksi akan mengalami kenaikan dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Diprediksi momen lebaran kali ini akan ada kenaikan pemudik sebesar 14 persen, semula tahun 2022 sebanyak 80 juta jiwa tahun ini ditaksir sebanyak 120 juta jiwa pemudik yang melintasi Jawa Barat,” Terangnya.

Untuk pelaksanaan pengamananya sendiri, Ia melaporkan bahwa POLRI akan menerjunkan sebanyak 500 personil dengan dibantu oleh dinas-dinas terkait dan elemen lainya. ( Lis/Prokopim ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *