banner 728x250

Masuk 75 Desa Wisata Terbaik 2023, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Selamanik Kecamatan Cipaku

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Menjadi salah satu dari 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), H. Sandiaga Salahuddin Uno kunjungi Desa Wisata Selamanik Kecamatan Cipaku, Kamis (06/04/2023).

Sebanyak 75 desa wisata itu merupakan desa wisata terbaik yang telah dipilih dari 4.573 desa yang mendaftar pada 2023 dan Desa Selamanik termasuk dari ke 75 Desa Wisata terbaik tersebut.

Kunjungan Sandiaga Uno beserta rombongan didampingi langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Yana D Putra, Jajaran Forkopimda, Kadis Pariwisata beserta para pimpinan OPD terkait lainnya.

Kedatangan rombongan Kemenparekraf di lokasi Desa Selamanik disambut dengan pertunjukan seni khas Ciamis yaitu tarian tradisional Bebegig Sukamantri dan kemudian dilanjutkan dengan ekpose oleh Pengelola dan Kepala Desa Selamanik.

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dalam kunjunganya tersebut menyampaikan bahwa dengan Desa Wisata tersebut utamanya ditargetkan pada tahun 2024 dapat menjadi penopang dan penciptaan 4,4 juta lapangan pekerjaan dari sektor pariwisata.

“Kelihatannya Desa Selamanik ini memiliki peluang untuk mengambil beberapa usaha-usaha yang berkaitan dengan ketahanan pangan,” Ucapnya.

Ia menuturkan dunia usaha yang akan didorong kementrian untuk Desa Selamanik ini adalah berkaitan dengan kelengkapan Homestay mengingat dari 75 yang tersedia baru 3 yang dinilai sudah lengkap.

Sementara itu, Bupati Ciamis menuturkan dianugerahkannya Desa Salamanik sebagai desa wisata terbaik ini adalah berkat kerjasama dan kolaborasi semua pihak, semua elemen baik tingkat pemerintah desa maupun tingkat pemerintah kabupaten yang senantiasa bahu-membahu.

Bupati menyebutkan saat ini terdapat 46 desa yang sudah dibuatkan Surat Keputusan (SK) menjadi desa wisata di Kabupaten Ciamis.

“Ada 46 Desa yang sudah dibuatkan SK menjadi desa wisata di Kabupaten Ciamis mudah-mudahan dapat diikuti pula oleh desa-desa yang lainnya di Kabupaten Ciamis,” tandasnya. ( Die/Prokopim ).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *