banner 728x250

Luar Biasa ; Mantan Pendamping Desa Ikut Nyalon Perangkat Desa dan Lolos Seleksi

Kab.Ciamis mediakeadilanrakyat.com – Uji kompetisi calon perangkat desa ternyata diminati semua kalangan masyarakat, salah satunya mantan pendamping desa kec. Cihaurbeuti yang ikut nyalon dan meramaikan bursa pemilihan uji kompetisi perangkat desa di desa Sukamulya kecamatan Cihaurbeuti, yang digelar di Kampus SMPN 1 Cihaurbeuti. Selasa, ( 14/06/2022 ).

Uji atau tes kelayakan perangkat perangkat desa merupakan syarat lolos tidaknya seseorang menjadi perangkat desa, dan untuk mengisi kekosongan jabatan Kaur Umum tersebut diikuti oleh 9 Peserta salah satunya Saeful Mukarrom,S.T Mantan Pendamping Desa.

Dalam sambutannya Camat Cihaurbeuti H.Edy Yulianto, A.TD,MM menyampaikan, bahwa seorang perangkat desa saat ini dituntut untuk mahir dan menguasai dalam segala bidang terlebih ITE pasalnya semua laporan dan pendataan berbasis digital, maka perlu kita menjaring sekaligus menguji mereka agar berkualitas ,handal dan optimal disaat menduduki jabatan tersebut. Dan tentunya perlu dilakukan tes ataupun uji kelayakan. Ucapnya.

Adapun tes kali ini dibagi dalam tiga sesi yaitu ujian tertulis berupa pilihan ganda dan esai, Uji Komputer dan Wawancara. Tambahnya.

H.Edy Yulianto,A.TD,MM mengingatkan kepada para peserta calon perangkat desa, sebelum kita ikut tes atau mendaftar harus dipikirkan terlebih dahulu pahit manisnya menjadi perangkat desa dan tugas yang akan diemban kedepannya. Harus tahu pula berapa pendapatan atau honor yang akan diterima tiap bulannya, jangan sampai disaat terpilih dan menjabat menjadi  perangkat desa berhenti ditengah jalan karena minimnya penghasilkan,” kalau mau kaya jadilah pengusaha jangan menjadi perangkat desa.” tandasnya.

Ditempat terpisah Ketua Panitia Yayat Ruhyat mengatakan hal senada, benar bahwa uji ataupun tes kelayakan perangkat ini terbagi dalam 3 kategori yaiku uji tulisan,komputer dan interviu. Begitupun untuk tempat kami memintanya di Kampus SMPN 1 Cihaurbeuti agar tranparan dan tidak menimbulkan kecurigaan. Ucapnya.

Untu Ujian Tulisan dan komputer kami laksanakan di Kampus SMP dan untuk wawancara di kantor desa karena akan memakan waktu lama dari 9 peserta dikalikan 15 menit berapa ? Terangnya.

Dan untuk masing-masing pesrta dalam uji wawancara ini setiap orang dihadapkan pada 3 venalis atau penanya dari setiap penanya atau jawaban dari pertanyaan 2 penanya lainya masing-masing memberikan nilai dan begitu seterusnya. Intinya kami benar-benar ingin memiliki perangkat desa yang handal, berkualitas dan berdayaguna. Pasalnya jabatan kaur umum meruapakan jabatan yang saklar, harus menguasasi berbagai keadaan di pemerintah baik kearshipan,legalisasi surat dan pembendaharaan lainya.

Dan alhamdulillah dari rangkaian acara yang dilaksanakan dari pagi sampai malam, Saeful Mukarrom,S.T. lolos dan terpilih menjadi yang terbaik dari peserta lainya, dan bagi mereka yang belum lolos jangan patah semangat tetap berkarya, bersama membangun desa. Pungkas Yayat Rukyat. ( Die ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *