banner 728x250

Jelang Puasa Ramadhan, Wabup Ciamis Hadiri Acara Mapag Ramadhan di Kecamatan Panumbangan

Kab.ciamis Mediakeadilanrakyat.com – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1.444 Hijriah, MUI Kecamatan Panumbangan menggelar acara Mapag Ramadhan yang dikemas dengan kegiatan Tabligh Akbar bertempat di Lapangan Sukakerta Kecamatan Panumbangan pada Senin (13/03/2023).

Acara Tabligh Akbar tersebut mengusung tema “Melalui Mapag Ramadhan Kita Tingkatkan Optimalisasi Zakat, Infaq dan Sodaqoh menuju Masyarakat Panumbangan yang Sejahtera”.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra turut hadir dalam acara tersebut bersama Ketua MUI Ciamis, Ketua Baznas Ciamis, Camat serta para pimpinan organisasi Keagamaan dan Organisasi Kemasyarakatan se Kecamatan Panumbangan.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini, Wabup Ciamis menyampaikan bahwa Baznas Ciamis beberapa waktu lalu berhasil meraih predikat juara umum atas perolehan 8 kategori kejuaraan tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Tentu dengan telah diraihnya prestasi ini, maka harus berbanding lurus dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk berzakat, infaq dan shodaqoh,” ucapnya

Menurutnya substansi dari itu semua adalah bagaimana tumbuhnya kesadaran warga masyarakat di Kabupaten Ciamis untuk melaksanakan zakat, infak dan shodaqoh.

“Karena percuma mendapat predikat terbaik, padahal keadaanya tidak sesuai dengan kenyataan,” Ujar Wabup.

Selanjutnya, Wabup juga menyampaikan bahwa untuk mengoptimalkan zakat, infak dan sodaqoh, Pemkab Ciamis telah mengeluarkan Perbup Nomor 46 tahun 2021 direvisi nomor 9 tahun 2023 tentang pengelolaan zakat.

“Latar belakang terbentuknya Perbup ini salah satunya adalah melihat sejarah Nabi SAW dahulu dalam membangun agama Islam yang sekarang mendunia modalnya adalah zakat infaq dan shodaqoh. “

“Selain itu juga untuk menghidupkan budaya gotong royong yang saat ini semakin susah,” imbuhnya.

Wabup berharap hadirnya Perbup tersebut dapat mendorong mengoptimalkan pengelolaan zakat serta membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat dan menghidupkan kembali budaya gotong royong.

“Meskipun belum 100 persen menyeluruh namun paling tidak di setiap desa sudah ada UPZ karena pada prinsipnya berbuat kebaikan itu untuk diri sendiri bukan untuk orang lain,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana sekaligus Ketua MUI Panumbangan Muhammad Nurdin mengatakan acara Mapag Ramadhan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Ia melaporkan terdapat beberapa event kegiatan dalam mapag ramadhan tingkat kecamatan Panumbangan tahun ini, diantaranya lomba Da’i cilik, Bazar, pasar murah dan tabligh akbar yang dilaksanakan pada hari ini.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat terwujud kesadaran masyarakat dalam berzakat, terwujudnya aset pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menggali potensi dan kreativitas generasi muda Islam,” Ucapnya. ( Lis/Prokopim).

Editor: Didi Supriadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *